Tentang blog ini

Blog ini berisi rekaman untuk selalu "take in the good" - meresapi sisi baik, indah, dan menyenangkan dari berbagai pengalaman. Upayaku mempertahankan emosi positif, meningkatkan rasa syukur, dan selalu merayakan kebaikan.

Sunday, April 1, 2012

Inspiring Alice Pung

Selalu senang rasanya menemukan hal-hal baru yang menarik. Apalagi kalau itu karena kita digiring oleh insting kita. Suatu ketika di Como Secondary College, aku membaca 2 halaman kutipan cerita tentang seorang anak Asia yang besar di Australia. “Ah, bagus sekali ini ceritanya. Sederhana, segar, dan penuh kejutan” begitu pikirku menyudahi 2 halaman itu. Tapi aku tidak pernah tahu itu salinan dari mana, dari buku apa. Baru sadar ketika aku memutuskan untuk membeli satu buku yang berjudul Unpolished Gem (2006).

Ceritanya, terbersit keinginan ku untuk menulis perjalanan 3 tahunan belajar dan hidup di Australia. Satu memoar tentang bagaimana aku melakoninya bersama keluarga. Kalau terwujudkan, tentulah tak ternilai manfaatnya. Bagiku dan juga bagi anak-anaku. Bahkan, juga anak-anak mereka kelak. Ya..,siapa tahu? Saat menelusuri internet mencari tahu bagaimana menulis memoar, waktu itulah aku berkenalan dengan Unpolished Gem. Buku ini memenangi beberapa anugerah sastra di Australia untuk kategori memoar. Penulisnya adalah Alice Pung. Selain buku itu, Alice juga mengeditori buku lain, Growing Asian in Australia. Dari buku inilah ternyata salinan 2 halaman yang aku baca tadi berasal.

Tak pelak lagi, aku merasa perlu berkenalan lebih jauh Alice Pung dan buku-buku nya. Beruntung situs web pribadinya; Alicepung.com memberi informasi yang aku cari. Di website ini, ada resources tulisan-tulisannya, buku-bukunya dan video-video wawancaranya. Kelihatan orangnya cerdas, berwawasan luas, serius tapi penuh humor. Yang jelas; cantik. Tapi yang lebih penting, banyak inspirasi yang aku peroleh darinya. Tentang memaknai berbagai peristiwa dalam hidup, tentang memanfaatkan kesempatan, tentang menghargai masa kecil dan orang tua.

Dan agaknya, semakin membulatkan keinginanku, membuat satu memoar tentang belajar dan hidup di Australia.

Ya, siapa tahu..

No comments:

Post a Comment